in

Cara Setting Mikrotik Cepat dan Mudah Untuk Pemula

mikrotik

Mikrotik adalah sebuah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk IP network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP, provider hotspot dan warnet.

Namun bagi pemula akan sangat kebingungan dalam konfigurasi mikrotik yang bisa dibilang cukup tidak mudah ini. Disini saya akan menjelaskan tentang cara konfigurasi mikrotik yang sangat mudah dan cepat bahkan hanya membutuhkan waktu 10 menit saja loh! Bagaimana caranya? yuk kita simak.

Konfigurasi Mikrotik Cepat dan Mudah

Disini saya akan menggunakan cara yang mudah dengan menggunakan aplikasi kontroler mikrotik. Karena mikrotik berbasis CLI maka akan sangat memakan waktu bila kita menggunakan versi CLI nya.

Yang kamu butuhkan

  • Mikrotik Router
  • Kabel LAN (RJ45)
  • Laptop/PC
  • Winbox

Langkah-Langkah

Persiapan

Pertama, Pastikan routerboard dalam keadaan menyala dan tersambung dengan kabel LAN. Selanjutnya koneksikan kabel LAN ke PC/Laptop kamu.
Kedua, Buka Aplikasi Winbox yang sebelumnya kamu download pada link diatas. Pastikan versi winbox kamu kompatibel dengan versi routerboard kamu.

Ketiga, Login ke routerboard menggunakan winbox dengan cara klik > Neighbour. Disana kamu akan melihat daftar mikrotik router yang ada dalam jangkauanmu. Klik MAC Address router yang ingin kamu konfigurasi.

Login menggunakan

user: admin
pass: (kosong)

Konfigurasi IP

Sebelumnya Hal yang harus kamu ketahui tentang konfigurasi mikrotik yang cepat dan mudah ini adalah urutan dari konfigurasi IP. kamu harus mengkonfigurasi IP dengan urutan sebagai berikut:

  • IP > Addresses
  • IP > DNS
  • IP > DHCP Server
  • IP > Firewall
  • IP > Routes

Setelah semua sudah dikonfigurasi maka mikrotik kamu bisa dinyatakan berhasil
Setting IP addresses

Klik ikon plus ( + ) Setelah itu akan muncul jendela baru seperti gambar diatas. Pertama, kita akan mensetting ether1 yaitu ether internet dimana jaringan internet kita masuk.
Pada bagian addresses isi sesuai IP internet kamu. Disini IP internet saya adalah 192.168.137.1. Maka isi IP yang sejalur yaitu 192.168.137.2/24 > Apply. Maka pada bagian Network akan otomatis terisi.
Ulangi langkah diatas untuk ether selanjutnya

IP DNS

Pada bagian IP DNS isi dengan DNS Google default yaitu

  • 8.8.8.8
  • 8.8.4.4
  • 1.1.1.1 (bebas mau dikasih atau nggak)

Jangan lupa centang Allow remote requests dan klik OK
IP DHCP Servers

Pada jendela DHCP Server klik pada bagian DHCP Setup. Setelah itu tinggal klik Next sampai selesai.

Setelah selesai maka akan seperti ini:

IP Firewall

Pada bagian ini klik ( + ) dan ikuti setting dibawah

Pada Tab “General” tambahkan Out Interface “Ether1”

Setelah itu, pada tab “Action” Pilih “masquerade”.
IP Routes

Pada jendela Route, tambahkan dst address 0.0.0.0/0 dengan gateway IP.addresskamu.nodeselanjutnya seperti pada contoh diatas dimana

  • IP Ether1: 192.168.137.2
  • Gateway: 192.168.137.3

Lakukan Test ping

 Jika ping berhasil maka konfigurasi mikrotik kamu sudah selesai! 😀
Selamat!

Penutup

Terimakasih telah mengunjungi website IT PELAJAR dan semoga info diatas bermanfaat bagi kamu. Jika kamu merasa informasi ini bermanfaat jangan lupa komentar dibawah dan share!

What do you think?

Written by Ketua Kelas

Halo! Saya adalah seorang IT Enhthusiast dan juga seorang desainer grafis. Hobi dalam bidang IT seperti coding dan yang lainnya. Saya juga merupakan seorang contributor di beberapa mikrostok di Internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

cara membuat bootable rufus

Cara Membuat Flashdisk Bootable OS Dengan Rufus