Apa itu RFID? Penjelasan dan Fungsinya

RFID Reader, APA ITU RFID?

Apa itu RFID? RFID( Radio Frequency Identification ) Atau Pengenal Frekuensi Radio adalah teknologi dimana data digital dikodekan dalam tag RFID atau label cerdas (penjelasannya di bawah) ditangkap oleh pembaca melalui gelombang radio. Berikut adalah cara kerja RFID dan fungsinya.

RFID mirip dengan barcode dalam data dari Tag atau label yang ditangkap oleh perangkat yang menyimpan data dalam database. RFID, bagaimanapun, memiliki beberapa keunggulan dibandingkan sistem yang menggunakan perangkat lunak pelacakan aset barcode.

Yang paling menonjol adalah bahwa RFID tag data dapat dibaca di luar Line-of-Sight, sedangkan barcode harus selaras dengan scanner optik.

Baca disini untuk penjelasan lebih detailnya:

https://www.abr.com/what-is-rfid-how-does-rfid-work/

Cara Kerja RFID

RFID memiliki komponen teknologi yang disebut sebagai Automatic Identification and Data Capture (AIDC). Metode AIDC secara otomatis mengidentifikasi objek, mengumpulkan data tentang mereka, dan memasukkan data tersebut secara langsung ke dalam sistem komputer dengan sedikit atau tanpa campur tangan manusia.

Metode RFID memanfaatkan gelombang radio untuk mencapai hal ini. Secara sederhana, sistem RFID terdiri dari tiga komponen, Yaitu:

  • RFID tag atau Smart Label (kartu RFID)
  • Pembaca RFID(RFID Reader)
  • dan antena.

RFID Tag mengandung sirkuit terpadu(Integrated Circuit) dan antena, yang digunakan untuk mengirimkan data ke RFID Reader (juga disebut interogator). Reader kemudian mengubah gelombang radio ke bentuk data yang mudah dibaca manusia . Informasi yang dikumpulkan dari Tag kemudian ditransfer melalui interface komunikasi ke sistem komputer host, di mana data dapat disimpan dalam database dan dianalisis di lain waktu.

Fungsi RFID

Beberapa diantaranya adalah:

  • Manajemen inventarisasi
  • Pelacakan aset
  • Mengontrol akses ke daerah terlarang
  • Tanda pengenal (KTP, Kartu Pelajar)
  • Manajemen rantai suplai
  • Pencegahan pemalsuan (misalnya dalam industri farmasi)

Dan masih banyak lagi fungsi dari RFID ini yang bisa kamu kembangkan. Apakah kamu punya ide? Silakan komentar dibawah!

Apa itu RFID dan fungsinya?

Inilah Arti dan Kegunaan RFID – Radio Frequency Identification merupakan sebuah teknologi yang menggunakan gelombang radio yang berguna untuk mengidentifikasi manusia maupun objek atau benda secara otomatis. Metode yang sering dipakai ialah untuk menyimpan serial number.

Bagaimana cara kerja RFID?

RFID memakai sistem identifikasi dengan menggunakan gelombang radio. Karena itu minimal di perlukan dua buah perangkat, yaitu TAG dan READER. Apabila melakukan pemindaian data, Reader bisa membaca sinyal yang di berikan oleh RFID TAG.

Terdiri dari komponen apakah chip RFID?

Sistem RFIDRFID terdiri dari beberapa komponen yaitu : tag, tag reader, tag programming station, circulation reader, sorting equipment dan tag inventory wands. Penggunaan RFID pada saat digunakan untuk identifikasi hewan, untuk perpusatakaan, UHF untuk container tracking dan lain-lain

Apa perbedaan utama antara RFID dan NFC?

Komunikasi. RFID bersifat satu arah yaitu memberikan informasi keluar (brodcast) sedangkan NFC bisa 2 arah. Keunggulan NFC yang dapat berkomunikasi secara 2 arah ini yang menjadikan NFC populer pada perangkat bergerak seperti contactless payment, kunci mobil/kendaraan, pembayaran melalui perangkat bergerak, dll.

Penutup

Terimakasih telah membaca artikel dari ITPelajar.com, Jangan lupa untuk klik Thumbs UP dan share ke teman teman kamu!

Ketua Kelas
Halo! Saya adalah seorang IT Enhthusiast dan juga seorang desainer grafis. Hobi dalam bidang IT seperti coding dan yang lainnya. Saya juga merupakan seorang contributor di beberapa mikrostok di Internet.

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.