20 Cara Menjaga Smartphone Agar Tetap Awet

Coba pikirkan dari 7,7M Manusia diplanet ini sejumlah 5M orang diantaranya adalah ponsel. Namun, banyak dari kita yang tidak tahu cara membuat gadget agar tetap awet seawet rancangan aslinya. Contohnya, apakah membiarkan baterai ponsel sampai habis itu bagus, haruskah kamu mematikan ponselmu atau haruskah kamu mengeluarkannya dari saku sebelum mencuci? Berikut ini beberapa anjuran dan larangan tentang cara menjaga ponsel agar ponsel tetap awet

Cara menjaga ponsel agar tetap awet

  1. Matikan bluetooth saat tidak dipakai agar awet baterai

cara menjaga ponsel yang pertama, Dengan begini kamu akan mencegah unduhan yang tidak perlu dan mungkin berbahaya dan juga tidak akan ada penyusup yang berhasil membaca data yang kamu simpan di ponsel.

  1. Jangan biarkan ponselmu terpapar suhu ekstrim

Hawa dingin dan panas sama buruknya gadget akan mulai melambat jika suhu turun dibawah minus 40°C, bahkan lebih parah jika tergeletak dibawah sinar matahari atau ditempat lainnya yang suhunya diatas 45°C, bisa saja ponselmu akan berhenti bekerja dengan baik bahkan yang paling parah kerusakannya bisa permanen.

  1. Enskripsikan semua informasi sensitif dan pribadi di ponselmu

Walaupun tidak semua ponsel dilengkapi fitur ini tapi kalau ada “Gunakan” jika ponselmu dicuri atau hilang, data pribadi yang tersimpan di gadgetmu akan aman.

  1. Jangan pakai kabel charger murah atau non-original

Meski tidak membahayakan ponselmu proses pengecasan tidak akan stabil. Selain itu, kabel yang digunakan pasti berkualitas rendah yang meyebabkan lebih mudah putus dibandingkan kabel yang original.

  1. Bersihkan port dan kabel charger secara teratur

Selama pemakaian, banyak kotoran dan debu yang menempel pada colokan charger, Kamu bisa memakai tusuk gigi untuk membersihkan lubang port charger. Lakukan dengan hati – hati.

  1. Jangan abaikan ancaman Malware

Banyak orang beranggapan jika virus hanya berbahaya pada perangkat komputer. Namun, itu tidak benar. Nyatanya, malware yang ada pada ponsel bisa mencuri data-data pribadi dan bahkan bisa melacak lokasimu. Sebaiknya hindari pemasangan aplikasi mencurigakan yang kemungkinan besar mereka akan memenuhi ponselmu dengan virus.

  1. Hati-hati saat memegang ponsel, Jangan sampai menjatuhkan ponsel meski sudah terlindungi casing.

Mungkin kamu tidak akan melihat ada sudut yang penyok atau layar yang retak tapi kamu tak akan pernah tahu seperti apa pengaruhnya terhadap bagian dalam ponselmu jika sering menjatuhkan ponselmu. Masalah apapun yang kamu punya dalam ponselmu sekarang bisa jadi akibat dari ponselmu yang sering jatuh.

  1. Jangan menyemprot air langsung ke ponsel saat membersihkannya

Hal ini berbahaya jika ponselmu tidak tahan air. Jika ada sedikit saja percikan air yang masukn, maka riwayat ponselmu bisa tamat. Resiko terkecil yang diakibatkan hal ini adalah beberapa bagian yang terbuka seperti mikrophone bisa berhenti berfungsi. Saat menggunakan perangkat pembersih ponsel yang memang dilengkapi semprotan, gunakan dengan lap mikro fiber bebas serat. Bukan langsung disemprotkan ke ponselmu.

  1. Cas ponselmu sebelum baterainya habis total

Mungkin tidak masalah jika bateraimu mencapai 0% sesekali. Namun jika sering terjadi, ponselmu beresiko tidak akan bertahan lama dari yang seharusnya. Setiap ponsel juga punya siklus daya masing-masing. Yaitu siklus saat kamu mengisi daya sampai 100% lalu dihabiskan sampai 0%. Jika baterainya dibiarkan sampai kosong setiap hari, maka ponselmu tidak akan bisa bertahan lebih dari 400 sampai 500 hari.

  1. Jangan pasang aplikasi pengoptimal baterai

Cara kerja aplikasi ini hanya menghapus aplikasi yang berjalan di latar belakang dan membersihkan RAM atau bagian dari memori ponsel yang menyimpan informasi yang sedang dipakai, tapi kamu dapat melakukan dua hal ini sendiri dengan mudah dan dengan menggunakan aplikasi pengoptimal kamu malah akan sering melihat iklan-iklan menyebalkan terus menerus muncul dilayar.

  1. Jaga layar beranda seringkas mungkin

Semua orang pasti suka aplikasi tersedia dengan sekali klik, tapi jika layar berandamu berantakan ponselmu akan kesulitan memuat semuanya dalam satu tempat ini akan memberatkan perangkat keras ponselmu yang pada akhirnya akan membuatnya lambat dan mempengaruhi kinerjanya.

  1. Jaga pemakaian memori, Jangan sampai penuh

dampaknya memang tidak akan parah tapi sebaiknya gunakan kartu SD atau penyimpanan berbasis Cloud untuk beberapa aplikasi dan foto-foto. Jika sampai penyimpanan penuh ponsel pintarmu akan membuatmu kesal karena selalu lag.

  1. Perbaharui software ponsel agar tetap update

Hal ini akan membuat ponselmu bekerja lebih baik dengan membebaskannya dari BAB, jangan pernah unduh perangkat lunak atau software dari sumber-sumber yang tidak meyakinkan. Jika kamu ragu karena sumbernya tidak jelas, bisa saja ponselmu mati atau rusak atau yang paling parah seseorang mendapatkan data pribadimu jika kamu tetap menginstallnya.

  1. Jangan simpan ponselmu disaku celana

kamu mungkin saja lupa memasukkannnya kesana dan tidak sengaja duduk dan menimpanya atau memasukkannya ke mesin cuci. Hindari menyimpan ponsel disaku karena panas badanmu akan menyebabkan baterainya cepat habis daripada dimasukkan ke tas, ingat panas itu tidak bagus bagi ponselmu.

  1. Biarkan ponselmu beristirahat selama beberapa menit lalu kembali nyalakan

Ini akan mempercepat cara kerja ponselmu, memperpanjang daya tahan baterai, mengosongkan semua cache yang tidak diperlukan dari memori dan mecegah kerusakan lainnya.

Biasanya ketika kamu membuka sebuah aplikasi kemudian membuka aplikasi lain, aplikasi sebelumnya tidak akan menutup secara otomatis, sebenarnya, aplikasi itu menyimpan cache agar kalau dibutuhkan lagi bisa lebih cepat digunakan. Hal ini dapat memakan memori serta baterai ponselmu. Kamu bisa menyelesaikan masalah ini dengan menyalakan ulang ponselmu.

  1. Jangan matikan ponsel jika baterainya nyaris habis

Bukannya menghemat energi kamu akan membuat beteraimu habis total. Seluruh proses menyalakan dan mematikan ponsel mengonsumsi lebih jauh banyak daya daripada mengalihkannya ke mode pesawat. Jika kamu berniat memakai ponselmu beberapa jam lagi barulah sebaiknya dimatikan ini adalah cara sederhana untuk menghemat baterai.

  1. Jangan lupa bersihkan cache ponselmu

Sebaiknya, hapus cache beberapa aplikasi yang sering kamu buka. Kamu bisa membuang data aplikasi ini dari cache di menu pengaturan dengan begini aplikasi tersebut tak akan menyita terlalu bayak tempat saat tidak dipakai dan ponsel pintarmu akan bekerja lebih cepat.

  1. Colokkan kabel cas dengan hati-hati

Tannpa sadar kamu bisa dengan mudah salah mencolokkan posisi kabel cas saat tidur. Tapi, tenang saja. Setiap goresan kecil itu tidak akan mempersingkat umur ponselmu karena semua kontak listrik itu jauh lebih sensitif dan lemah daripada yang kamu duga.

  1. Jangan ganti baterai ponselmu dengan baterai murahan.

Jika baterai yang kamu gunakan tidak asli/non-original, baterai itu bukan saja akan membuat ponselmu gagal berfungsi, tapi juga memperpendek usia ponselmu.

  1. Gunakan pelindung layar

Meski tampak hanya sepotong plastik atau kaca rapuh tak berguna, pelindung ini bisa meyelamatkan ponselmu. Bagaimanapun juga, ini adalah lapisan pertahanan tambahan yang akan sangat berguna jika ponselmu jatuh ke lantai atau trotoar yang keras.

Kesimpulan

Nah, itu dia teman – teman 20 cara menjaga smartphone / ponsel tetap awet terbaru yang telah dirangkum oleh itpelajar.com. Salam tekno!

Sekretaris Kelas
Halo Saya seorang Akuntan yang mendalami penulisan artikel IT dan TIK

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.